Sejarah

Museum ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, yang mulai didirikan pada tahun 2016, dengan memanfaatkan bangunan lama bekas kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa. Dan Insya Allah akan diresmikan pada tanggal 09 September 2019 oleh Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi. Penamaan Museum ini diambil dari gelar salah seorang pahlawan Mamasa yaitu Demmatande sebagaimana tertulis pada Prasasti Batutulis. Demmatande sebagai tokoh pejuang pra-kemerdekaan tahun 1915 dari wilayah Paladan, yang dengan gagah berani melawan agresi Belanda. Demmatande adalah sosok peuang tanpa pamrih yang berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan daerahnya menghadapi penjajah kolonial Belanda. serta memiliki komitmen dan semangat juang yang tinggi yang yang tak pernah memikirkan dirinya sendiri. salah satu jejak yang ditinggalka Demmatande adalah semangat perjuangannya yang kemudian menjadi falsafah hidup kekuatan rakyat Mamasa yang dikenal dengan semboyan Mesa Kada Dipotou, Pantan Kada Dipomate, maksudnya adalah semangat persatuan yang dibangun untuk melawan musuh. Apabila tidak ada persatuan kita akan kalah, itulah prinsip yang dipakai sampai sekarang dan nilai-nilai inilah yang masih tertanam dan menjadi bagian dari kehidupan bagi masyarakat Mamasa. Sebuah pusara (kuburan) yang terbuat dari kayu berbentuk kerbau dibuat Demmatande dan sengaja dipersiapkan sebelum berperang melawan Belanda. Pusara tersebut dikenal dengan nama Liang Tedong-Tedong yang berhadapan langsung dengan benteng pertahanan Salu Banga yang terletak di wilayah Paladan.

0
Jumlah Koleksi
0
Tahun Berdiri
0
Jumlah Pengunjung Per Tahun
Visi Museum
Terwujudnya masyarakat mamasa yang sadar akan pendidikan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Cerdas, Terampil, Berkarakter, Berbudaya dan Kompetitif
Misi Museum
(1). Mengkomunikasikan dan memperagakan koleksi Museum (2). Melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang cagar budaya dan museum (3). Mendokumentasikan koleksi museum (4). Mengkonveresikan koleksi museum (5). Melakukan kerja sama dengan instansi dan sekolah (6). Melakukan pengelolaan museum secara Profesionalisme (7). Memberikan pelayanan jasa permuseuman (8). Melaksanakan dan mengikuti pameran museum.

Koleksi

Belum ada koleksi.

 

Informasi

Jadwal Kunjungan :

  • Senin Rp. 0 09:00:00 - 16:00:00
  • Selasa Rp. 0 09:00:00 - 16:00:00
  • Rabu Rp. 0 09:00:00 - 16:00:00
  • Kamis Rp. 0 09:00:00 - 16:00:00
  • Jumat Rp. 0 09:00:00 - 16:00:00
  • Sabtu - Tutup
  • Minggu - Tutup
  • Tanggal Merah - Tutup

Museum - Museum Lainnya

Lihat Semua Museum