Femme au coussin

galeri nasional indonesia

Deskripsi

Femme au coussin Marquet, Albert Seni Lukis 639/SL/C 44 x 29 cm Lukisan ini menggambarkan posisi seorang wanita yang sedang berbaring dalam kondisi tengkurap dengan posisi pinggul yang miring menghadap kiri sesuai dengan posisi tubuh. Sesuai dengan judul "Femme au coussin" berasal dari bahasa Perancis yang berarti "wanita dengan bantal". Posisi wanita tersebut berada di tepi kasur yang ditandai dengan terdapat tepian kasur dengan motif abstrak lingkaran. Pada bagian bawahnya terdapat karpet. Di bagian belakang wanita tersebut terlihat suatu bentuk kotak-kotak seperti jendela dan juga terdapat bantal sebagai sandaran wanita sehingga menundukan wanita tersebut berada di dalam kamar atau ruangan. Lukisan ini berada di dua lapisan karton. Lapisan datar polos berwarna cokelat karton lalu pada lapisan kedua merupakan lembaran yang berbeda dan berwarna krem serta berbingkai berwarna cokelat karton. Lukisan ini beraliran realisme dengan menggunakan tinta berwarna hitam. Aliran realisme lukisan ini berbentuk sketsa. Realisme adalah suatu aliran seni yang berusaha menggambarkan objek dengan akurat, detail dan sesuai dengan kenyataan/kehidupan sehari-hari, tanpa menambahkan elemen fiksional dan bentuk ideal. Istilah Realisme sering dianggap sama Naturalisme, terutama karena sama-sama merupakan aliran seni lukis representatif yang menghindari hal yang berbeda dari kenyataan. Sekilas biografi MARQUET, Albert (1875- 1947) Lahir di Bordeaux, Perancis. Tiba di Paris pada usia lima belas tahun. Menghadiri studio Ecole des Arts Decoratifs dan Gustave Moreau di Beaux-Arts, di mana dia bertemu Rouault dan Matisse, yang menjadi temannya. Mulai berpameran di Salon d'Automne pada tahun 1903 dan, pada tahun 1905, menemukan dirinya di bagian terkenal bernama Cage aux Fauves. Mengadakan pertunjukan tunggal pertamanya di Druet's pada tahun 1907. Ia mengunjungi pelabuhan-pelabuhan Eropa, dan menetap di Marseilles pada tahun 1915. Sementara itu, ia telah memutuskan hubungan dengan Fauvisme, dan lukisan-lukisannya pada periode ini dicirikan oleh harmoni yang seimbang dan hampir tidak bervariasi. nada warna dan ketepatan penglihatan yang menakjubkan. Warna dan gambar airnya juga luar biasa. Dia kembali ke Paris, namun pantai masih menarik perhatiannya. Dari jendela lantai lima di Quai aux Fleurs dia melukis pemandangan Sungai Seine dari atas. Dia tidak pernah bosan mengecat dermaga dan Pont-Neuf. Dia melukisnya setiap jam, setiap musim sepanjang tahun, dan menciptakan gambar yang berbeda setiap waktu. Pada tahun 1940 dia pergi ke Aljir. Dia kembali ke Paris pada tahun 1945, dan mengunjungi Rusia pada tahun 1947. Dia meninggal di Paris pada akhir tahun itu. Sebagai seorang seniman, Marquet tidak pernah berusaha menyenangkan siapa pun. Dia bekerja sesuai keinginannya dan menjalani kehidupan mandiri, menolak Salib Legion d'Honneur dan keanggotaan di Institut de France. Karyanya yang orisinal, disiplin, dan kaya akan nuansa warna, ada di museum utama seni modern di seluruh dunia.

Sejarah

N/A

Nomor inventarisasi :

639/SL/C

Nomor Registrasi :

-

Tempat Pembuatan :

N/A

Status Cagar Budaya :

Bukan Cagar Budaya

Klasifikasi :

-

Kondisi Koleksi :

Utuh

Tanggal Registrasi:

$koleksi['Profile'][0]->tgl_registrasi

Cara Perolehan:

Hibah

Keaslian:

Asli

Nomor Pendaftaran Nasional Musuem:

31.71.K.01.0175

Alamat Museum:

Jl. Medan Merdeka Tim. No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Galeri

Testimoni